Question & Answer: Pengaduan/Laporan

Monday , 04 May 2015

Apa yang dimaksud dengan pengaduan/laporan?

Dalam literatur hukum ada banyak definisi tentang “pengaduan” atau “laporan”. Akan tetapi uraian yang relatif lebih jelas tentang pengaduan terdapat pada ketentuan Pasal 1 angka 25 Kitab UU Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang menyatakan:

“Pengaduan adalah pemberitahuan disertai permintaan oleh pihak yang berkepentingan kepada pejabat yang berwenang untuk menindak menurut hukum seorang yang telah melakukan tindak pidana aduan yang merugikannya.”

Sedangkan definisi tentang laporan terdapat pada ketentuan Pasal 1 angka 24 KUHAP yang menyatakan:

“Laporan adalah pemberitahuan yang disampaiakan oleh seorang karena hak dan kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.”

Definisi “pengaduan” dan “laporan” tersebut di atas memang termasuk dalam ruang lingkup Hukum Pidana, akan tetapi “pengaduan” atau “laporan” dapat juga dilakukan dalam bidang hukum lainnya. Secara formil (dalam praktiknya) “pengaduan” dan “laporan” merupakan suatu tindakan pemberitahuan oleh pihak yang berkepentingan kepada pejabat yang berwenang tentang adanya suatu peristiwa hukum. Tindakan pemberitahuan tersebut dimaksudkan agar peristiwa hukum yang terjadi dapat ditindaklanjuti oleh pejabat yang berwenang.

 

YLBHI dan AusAID. Panduan Bantuan Hukum di Indonesia. Jakarta: Sentralisme Production. 2006. 62

Back to top