Question & Answer: Penelusuran Dokumen Hukum

Friday , 20 March 2015

Bagaimana melakukan penelusuran terhadap dokumen hukum?

Apabila anda membutuhkan peraturan perundang-undangan, maka yang dilakukan adalah:

  1. Mencarinya di Lembaran Negara. Peraturan perundang-undangan yang dimuat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia adalah sebagai berikut (Pasal 46 UU No. 10/2004): a) UU/Perppu); b) Peraturan Pemerintah; c) Peraturan presiden mengenai pengesahan perjanjian antara negara RI & negara lain/badan internasional dan pernyataan keadaan bahaya;
  2. Mencari di Berita Negara. Berita Negara memuat peraturan peundang-undangan lain yang menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku harus diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia;
  3. Lembaran Daerah yang memuat pengundangan Peraturan Daerah;
  4. Berita Daerah yang memuat pengundangan peraturan Gubernur, Bupati/Walikota atau peraturan lain di bawahnya.

Di samping itu, Sekretariat Negara juga mempunyai website yang memuat peraturan perundangan di Indonesia, akan tetapi baru terbatas sejak tahun 2000, yang dapat diakses di situs web http://www.indonesia.go.id.

Bagi Anda yang membutuhkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), maka akan relatif lebih mudah untuk mencatinya, karena MK memiliki website yang selalu diperbaharui, yaitu http://www.mahkamahkonstitusi.go.id.

Putusan pengadilan termasuk dokumen hukum yang masih sulit dicari, ada beberapa terbitan yang dikeluarkan Mahkamah Agung, akan tetapi lebih banyak dimaksudkan untuk kalangan mereka sendiri.

 

Sumber: YLBHI dan AusAID. Panduan Bantuan Hukum di Indonesia. Jakarta: Sentralisme Production. 2006. 42-43

Back to top